Nipsey Hussle. Mantan Gengster Tewas Ditembak di Depan Tokonya

AJAL PATI — Kabar kematian Nipsey Hussle, Rapper yang tewas ditembak orang misterius telah menjadi kabar duka dunia musik.

5 Fakta Rapper Amerika Nipsey Hussle yang Tewas Ditembak, Terlibat Gangster Sebelum Terkenal
montase (Sumber : hiphopdx, heavy.com)

Peristiwa penambakan itu terjadi di sekitar toko Marathon Clothing Company miliknya yang terletak di Los Angeles, Minggu (31/3) waktu setempat.

Menurut TMZ, penembakan tersebut terkait dengan pertikaian antar geng. Diketahui, Nipsey memang telah lama berafiliasi dengan Rollin 60s Neighborhood Crips, geng jalanan di L.A.

Sebelum meninggal, Nipsey Hussle menuliskan di akun Twitter-nya mengenai betapa ia bersyukur memiliki musuh. “Punya musuh yang kuat adalah anugerah,” tulisnya dalam sebuah kicauan.

Sebelum peristiwa penembakan itu terjadi, Nipsey Hussle sebenarnya sudah dijadwalkan untuk bertemu pihak kepolisian LAPD pada 1 April 2019.

Pertemuan tersebut dijadwalkan untuk membicarakan mengenai gangster dan strategi agar remaja setempat terhindar dari kejahatan gangster kriminal.

Kepergian sang rapper menyisakan duka mendalam bagi rekan sesama musisi. Rihanna dan Kendrick Lamar menyempatkan menyampaikan duka citanya atas kabar duka tersebut.

Kendrick Lamar memberikan penghormatannya untuk Nipsey Hussle di panggung Lollapalooza Argentina. Ia tampil dalam festival tersebut padai Minggu (31/3) waktu setempat.

Dalam festival yang berlangsung di Hipodromo de San Isidro, Buenos Aires, Argentina itu, Kendrick menyempatkan momen mengheningkan cipta untuk mengumumkan sekaligus mengenang mendiang.

Hal itu terlihat dari unggahan penggemar Kendrick Lamar di sosial media. Salah satunya akun @KLamarupdates yang mengunggah video momen tersebut.

“Untuk saudara kami, pahlawan kami, tentara kami, Nipsey Hussle yang meninggal dunia hari ini. Kami mencintaimu,” katanya di panggung.

Siapa Nipsey Hussle

Rapper asal Amerika Serikat ini merupakan rapper yang cukup populer di industri musik rap Amerika.

Namanya masuk dalam daftar nominasi ajang musik bergengsi Grammy Award, Februari lalu.

Berikut 5 fakta peristiwa penembakan Nipsey Hussle, sebagaimana dikutip dari Heavy.com :

1. Ditembak Beberapa Kali

Nipsey Hussle, yang bernama asli Ermias Joseph Asghedom, tewas ditembak beberapa kali di depan toko pakaian yang dikelolanya di Los Angeles, minggu sore.

Juru bicara Kepolisian Los Angeles, Letnan Chris Martinez, 3 orang terkena tembakan.

Nipsey Hussle dinyatakan tewas, sementara dua lainnya masih dirawat di rumah sakit.

Polisi belum menemukan pelaku penembakan.

2. Dendam Gangster

Berdasarkan laporan TMZ, penembakan diduga terkait perselisihan antar ‘gangster’.

Setelah pelaku mendatangi Nipsey dan teman-temannya, dia mulai melepaskan tembakan beberapa kali.

Pelaku lari menuju ke sebuah mobil di dekat lokasi, lalu kabur.

Saksi mata menyebut, seorang perempuan menjadi sopir mobil tersebut.

3. Status Twitter Terakhir

Dugaan ditembaknya Nipsey akibat adanya isu perselisihan antar gangster semakin menguat, karena status terakhir yang sempat diunggah Nipsey.

Sebelum tewas, Nipsey, yang dulunya sempat menjadi angota gangster, sempat mengunggah status bertuliskan : Having strong enemies are blessings (Punya musuh yang kuat adalah berkah).

Status itu ditulis Nipsey pada 31 Maret 2019 waktu setempat.

4. Mantan Anggota Gang

Nipsey dikenal sebagai mantan anggota gangster, sebelum mengaku tobat dan menapaki kesuksesannya di dunia musik.

Dia diketahui menjadi mantan anggota gang Rollin 60s Neighborhood Crips, salah satu gang kulit hitam paling berpengaruh di Amerika Serikat.

Gang ini terlibat dalam sejumlah aksi kriminal, mulai perampokan bank sampai pembunuhan.

“Aku tumbuh di lingkungan dan pengaruh gangster,”

“Kami berhadapan dengan kematian dan ancaman dibunuh setiap saat,”

“Rasanya seperti tinggal di daerah perang, di mana orang dibunuh di blok kami seperti hal biasa saja,” ujar Nipsey dalam wawancaranya bersama Los Angeles Times.

Nipsey kemudian diketahui bertobat, dan memilih menjadi anggota komunitas seni di Los Angeles.

5. Banyak Seleb Berduka

Kematian Nipsey membuat banyak seleb berduka.

Mulai musisi, seperti Rihanna dan Ice Cube, sampai bintang bola basket yang bermain di NBA, seperti LeBron James dan Stephen Curry.

Nipsey merupakan musisi rap yang cukup berpengaruh.

Dia sempat menjadi nominator di ajang Grammy Award 2018. (*)

Los Angeles County Department of Medical Examiner-Coroner secara resmi mengungkap penyebab kematian Nipsey Hussle. Rapper berusia 33 tahun itu sebelumnya ditembak di luar toko pakaiannya, The Marathon Clothing, Los Angeles Selatan, AS, pada 31 Maret 2019.

Medical Examiner-Coroner mengatakan dalam sebuah pernyataan yang diperoleh E! News bahwa ada dua luka tembak pada tubuh Hussle. “Nipsey Hussle meninggal dunia karena luka tembak pada bagian kepala dan dada,” kata pihak Coroner.

Menurut pernyataan itu Hussle ditembak dan kemudian dibawa ke rumah sakit tempat ia dinyatakan meninggal pada pukul 15.55 waktu setempat.
“Kematiannya dinyatakan sebagai pembunuhan,” ujar pihak Coroner.

Sementara saat ini Departemen kepolisian Los Angeles sudah mengantongi nama terduga pelaku dan sedang melakukan pengejaran.

Seorang sumber dari aparat penegak hukum memberi tahu The Los Angeles Times bahwa pembunuh itu kemungkinan adalah seseorang yang Hussle kenal.

Polisi juga dilaporkan percaya bahwa penembak Hussle memiliki ikatan dengan geng, namun motif pembunuhan Hussle adalah urusan pribadi dan tidak terkait dengan geng. The Times melaporkan bahwa pria berusia 33 tahun itu ditembak dalam jarak dekat dan kemudian pelaku menabrak sebuah mobil saat kabur.https://goo.gl/1mW2GV

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *